Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop Dengan Mudah

Laptop merupakan device yang sudah tidak asing lagi didengar oleh banyak orang. Penggunaan laptop kian meningkat seiring dengan kebutuhan orang-orang yang mementingkan mobilitas, yang membuat penggunaan laptop masih banyak digunakan disamping komputer.

Dengan seringnya kita menggunakan laptop untuk kebutuhan sehari-hari kita, baterai-lah yang semakin hari semakin menurun performanya. Dikarenakan memang semakin sering kita menggunakan laptop, mau itu digunakan tanpa di cas ataupun dengan di cas dengan tujuan meningkatkan performa laptop, kemampuan baterai pasti akan terus menurun seiring berjalannya waktu. Tetapi, pernah kah kalian penasaran dengan kondisi baterai laptop kalian? dan ingin memeriksanya supaya tahu baterainya sudah harus diganti atau belum?. Pada kesempatan kali ini akan kami bahas.



Untuk sekarang, kita akan menggunakan caranya tanpa harus men-download aplikasi yang ada di internet. Jadi kita hanya perlu menyiapkan laptop yang ingin kita ketahui kondisi baterainya. Untuk caranya, simak penjelasan di bawah ini.

  1. Siapkan laptop yang ingin di cek kondisi baterainya
  2. Buka Command Prompt (CMD) dengan cara mengetikan pada start windows, atau bisa dengan kombinasi Windows + R
  3. Ketikan 'powercfg /batteryreport' pada CMD
  4. Lalu ketikan 'battery-report.html', otomatis akan membuka file yang berisikan kondisi baterai laptop kalian
  5. Selesai
Jika kalian pusing melihat banyak sekali data pada file battery report, kalian cukup melihat Full Charge Capacity dan Design Capacity. Jika Full Charge Capacity lebih kecil dari Design Capacity, itu artinya baterainya sudah mengalami penurunan. Tetapi ingat, usia baterai berkurang itu wajar, karena memang setiap laptop kita pakai otomatis baterai juga ikut terpakai.

Post a Comment for "Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop Dengan Mudah"