Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengatasi Library Proteus yang Muncul atau Tidak Ada

Mungkin ada beberapa orang yang masih asing dengan nama software Proteus. Tetapi bagi anak teknik, terutama jurusan elektro, pasti tidak asing dengan software yang satu ini. Software yang biasa digunakan untuk mensimulasikan rangkaian, membuat skematik suatu rangkaian, dan untuk membuat design Printed Circuit Board (PCB).

Software yang satu ini sedang marak-maraknya digunakan oleh anak jurusan elektro dikarenakan tidak dapat praktikum langsung di lab, yang biasa mereka lakukan saat ada mata kuliah praktikum. Namun, ada beberapa orang yang ketika awal mengunduh software Proteus ini, terdapat pop-up ketika ingin memilih komponen yang berisikan 'No Libraries Found!'. Tenang, jangan khawatir, karena kami akan membagikan cara mengatasi hal tersebut.

Hal yang perlu disiapkan hanyalah laptop atau komputer yang terinstall software Proteus dan mengalami permasalahan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Untuk caranya, dapat disimak berikut ini.

  1. Klik kanan pada shortcut Proteus kalian, lalu pilih 'Properties'
  2. Pilih bagian 'Compatibility'
  3. Centang bagian 'Run this program as an administrator'
  4. Klik 'Ok'
  5. Selesai
Jika sudah mengikuti langkah-langkah di atas, buka kembali software proteusnya dan pilih komponen yang kalian butuhkan. Seharusnya library sudah dapat dibuka dan digunakan dengan normal.

Akhir Kata

Semoga tutorial kali ini membantu untuk kalian, bagi yang masih kesulitan dalam mengikuti tutorial di atas, tuliskan saja permasalahannya di kolom komentar, nanti kita bantu. Terimakasih!

Post a Comment for "Cara mengatasi Library Proteus yang Muncul atau Tidak Ada"