Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memeriksa Ketersediaan Fitur Auto Cut Off Baterai pada Laptop

Penggunaan laptop yang semakin hari semakin sering ini membuat kita harus berulang kali mengisi baterai dan mencabutnya ketika sudah penuh. Hal ini membuat umur baterai dan lubang chargernya akan mudah rusak seiring penggunaan. Namun, dengan adanya fitur auto cut off pada baterai membuat kebiasaan kita berubah. Dengan fitur ini, kita tidak perlu mencabut pasang charger, karena otomatis akan berhenti mengisi baterai jika persentase baterai sudah mencapai keadaan tertentu. Tentunya fitur ini sangat membantu banyak orang terutama untuk memperpanjang umur laptop mereka.

Fitur auto cut off baterai ini memang tidak dimiliki oleh semua laptop, hanya segelintir laptop yang memiliki fitur cut off ini. Pastinya kalian penasaran bukan, apakah laptopnya sudah support fitur ini atau belum?. Maka dari itu simak penjelasan kami dibawah ini untuk mengetahui caranya.


Sebelum masuk ke tutorialnya, jangan lupa siapkan laptop kalian ya. Karena tutorial ini membutuhkan laptop yang ingin diperiksa adanya fitur auto cut off atau tidak. Berikut penjelasannya.

  1. Klik kanan pada logo Windows di pojok kiri bawah, lalu pilih 'Device Manager' atau bisa langsung di search saja
  2. Klik dua kali pada icon atau tulisan 'Batteries'
  3. Jika ada tulisan 'Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery', maka sudah dapat dipastikan laptop kalian support fitur auto cut off baterai ini
  4. Selesai

Fitur ini sangat nice to have banget, karena dengan adanya fitur ini penggunaan baterai akan semakin awet. Dikarenakan jika sudah mencapai keadaan tertentu, daya akan diambil dari sumber AC atau langsung dari colokan listrik di tempat kalian.

Post a Comment for "Cara Memeriksa Ketersediaan Fitur Auto Cut Off Baterai pada Laptop"