Skip to main content

Cara Menampilkan Hasil Osiloskop pada Proteus yang Tidak Tampil

Sebelumnya, kami telah membahas mengenai permasalahan pada library proteus yang tidak tampil beserta memberikan solusi untuk masalah tersebut. Tentunya tutorial ini hanyalah sekedar sharing bagi yang baru pertama kali menggunakan software Proteus, yang memang sedang banyak-banyaknya digunakan terutama oleh anak teknik.

Untuk kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai komponen osiloskop yang tidak tampil hasilnya setelah di close. Karena masih banyak orang awam yang baru menggunakan software ini kebingunan dengan hilangnya tampilan osiloskop ketika sudah di close tampilannya untuk pertama kalinya, dan tidak muncul kembali ketika simulasi dimulai kembali. Mengapa hal ini terjadi? dan bagaimana jalan keluar untuk permasalahan ini?. Simak penjelasan berikut ini.

Sebelum memulai tutorialnya, pastikan kalian menggunakan software Proteus versi terbaru. Disini, kami menggunakan Proteus versi 8.9. Jika sudah, kita langsung saja ke caranya sebagai berikut.

  1. Buka Proteus
  2. Pilih file yang ingin kalian munculkan osiloskopnya
  3. Mulai simulasinya, jika tidak muncul osiloskopnya lanjut langkah ke 4
  4. Pilih tulisan Debug pada bagian atas sebelah kiri, lalu pilih 'Digital Oscilloscope'
  5. Seharusnya sudah ada tampilan osiloskopnya seperti gambar di atas.
  6. Selesai

Memang hal ini hanyalah sepele dan mudah. Namun, hal ini sangat membantu dan bermanfaat bagi yang baru mengenal dan menggunakan software Proteus pada pertama kalinya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar