Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghubungkan Komponen pada Proteus tanpa Kabel

Kabel adalah alat untuk menghubungkan komponen satu dengan komponen yang lainnya. Tanpa kabel, komponen tidak akan dapat terhubung satu sama lain dan pastinya komponen tersebut tidak dapat berfungsi. Sama halnya dengan kabel yang digunakan pada simulator Proteus.

Dalam Proteus, bila kita masih menggunakan rangkaian yang simple, penggunaan kabel mungkin tidak terlalu diperhatikan. Namun, ketika kita sudah membuat rancangan rangkaian dengan tingkat kesulitan yang tinggi, pastinya kita akan bingung melihat banyaknya kabel yang berserakan pada simulator. Maka dari itu, kita ingin sebisa mungkin meminimalisir penggunaan kabel supaya rangkaian bisa lebih simple. Sekarang, Pada kali ini, kami akan membahas mengenai cara menyambungkan antar komponen tanpa perlu menghubungkan kabel.



Untuk hal yang harus disiapkan adalah hanyalah software Proteus berbasis Windows dengan versi Proteus pada tutorial kali ini adalah versi 8.9. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Buka rangkaian yang kalian miliki
  2. Hapus kabel yang menghubungkan antar komponen
  3. Pada panel di sebelah kiri, klik 'Terminals Mode' atau dengan logo label
  4. Pilih tulisan 'DEFAULT'
  5. Hubungkan label pada komponen yang ingin dihubungkan
  6. Berikan nama yang sama antar label yang ingin dihubungkan
  7. Jalankan Simulatornya
  8. Selesai

Dengan adanya fitur menghubungkan komponen tanpa perlu menggunakan kabel, memudahkan kita dalam membuat komponen dan membuat rangkaiannya dapat terlihat lebih rapih.

Post a Comment for "Cara Menghubungkan Komponen pada Proteus tanpa Kabel"