Skip to main content

Cara Mengubah Direktori Folder Download ke Lokal Disk D atau yang lainnya

Folder download pada Windows merupakan folder yang seringkali banyak berisi file-file yang penting. Dikarenakan apa yang kita download pada browser kita, akan otomatis tersimpan di folder download tersebut. Secara default, folder download berada di %UserProfile%\downloads.

Hal ini yang menjadi kelemahan, karena jika dibiarkan disimpan di local disk C, jika kita uninstall komputer atau laptop folder file pada folder tersebut akan hilang. Dan juga jika kita menggunakan SSD sebagai penyimpanan sistem, akan membuat SSD cepat penuh. Maka dari itu, kita perlu mengubah direktori folder download dan dipindahkan ke lokal disk D atau ke partisi yang lainnya.



Disini, kami akan membagikan cara untuk memindahkan folder download yang awalnya berada di lokal disk C dan dipindahkan ke lokal disk D atau ke partisi lain. Simak caranya berikut ini

  1. Buka File Explorer
  2. Klik kanan pada icon Downloads, lalu pilih Properties
  3. Pilih Tab bagian Location, dan pilih Move
  4. Pilih folder dimana kalian ingin menyimpan folder download tersebut, kalau sudah pilih Select Folder
  5. Jika ada pop-up muncul, klik OK saja
  6. Selesai

Hal ini merupakan langkah preventif jikalau komputer atau laptop kalian rusak, atau mencegah supaya lokal disk C tidak mudah penuh. Karena file download akan otomatis berpindah dari yang biasanya di lokal disk C menjadi di folder yang kalian pindahkan tadi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar